Powered by Blogger.

Baca Juga

Blogger templates

Blogroll

Blogger news

Categories

Pengikut

Label

Kalender

RSS
Post Icon

Makalah Balap Liar

Daftar isi
BAB I. Pendahuluan

Latar Belakang………………………………………………….1
Tujuan…………………………………………………………..2
Metode………………………………………………………….2
Manfaat………………………………………………………....2

BAB II. Rumusan masalah
2.1 Faktor yang menyebabkan seseorang ikut balap liar ?...........3
2.2 Pengendara balap liar ?..................................................3
2.3 Cara mengatasi balap liar ?...................................................3
2.4 Dampak negatif balap liar ?................................3
2.5 Kerugian yang di akibat oleh balap liar ?.........................3
BAB III. Pembahasan

3.1 Faktor yang menyebabkan anak muda ikut balap liar………. 4

3 .2 Para anak muda yang tidak berpikir panjang apa …………...4

3.3 Dengan cara melakukan pengamanan di jalan……………….4

. 3.4 Dengan cara melakukan pengamanan di jalan………………..4

3.5 kerugian dari balap liar …………………………………… 4





BAB IV Penutup



-Kesimpulan……………………………………………………..5

-Saran …………………………………………………………...5


(i)


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan

Rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya penulis

dapat menyelesaikan makalah ”BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA”

Dalam penyusunan makalah ini, penulis tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih pada guru pembimbing saya yaitu Hj. Masitah S.pd yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehinggga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun kepada pembaca umumnya.


Kuala Kapuas , 09-03-2011
Penulis


Bobby Kasatria Prawira Does
NIS.
MAKALAH
“BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA”



Bobby Kasatria Prawira Does
IX E


SMPN 1 SELAT KUALA KAPUAS
Dinas Pendidikan
Kabupaten kuala kapuas

Bab I :PENDAHULUAN
• LATAR BELAKANG
Malam Minggu, Minggu pagi dan Minggu sore adalah saat-saat di mana jalan tambun bungai kuala kapuas menjadi sebuah tempat yang ramai. Pada malam Minggu, mulai dari sekitar pukul empat sore, Tambun bungai dipadati oleh para muda-mudi yang bermalam Minggu. Kebanyakan muda-mudi itu berasal dari luar kuala kapuas , yaitu berasal dari wilayah di sekitar kapuas. Selain menghabiskan malam Minggu dengan pasangannya, ada juga komunitas sepeda motor yang selalu mejeng di di kapuas. Mereka sudah memiliki lokasi sendiri-sendiri untuk mejeng. Ada klub Mio, Thunder, Satria FU, Scorpio, Jupiter, Tiger, dan lain-lain. Bahkan, ada juga pecinta sepeda onthel, yang mejeng di Bundaran . Mungkin karena melihat potensi keramaian itu maka pengembang jalan membangun kawasan Tambun bungai di sekitar Bundaran itu. Saat ini sudah beroperasi dan akan dibangun lagi taman tahap kedua.

Minggu pagi lain lagi keramaiannya. Bukan lagi muda-mudi yang menghabiskan malam minggu melainkan warga yang berolah raga pagi. Berbeda dari malam Minggu, pada Minggu pagi banyak pula warga kuala kapuas sendiri yang berolah raga. Selain banyak yang berolah raga, banyak pula pedagang yang berjualan pada kesempatan ini mulai dari pedagang jajanan, topi, pakaian, boneka, barang-barang plastic (macam tupperware) sampai ke tanaman hias. Keramaian ini akan berlangsung sampai kira-kira pukul 8:30 pagi. Namun, agar jalan Tambun bungai bisa tetap ramai sepanjang hari, pengembang telah membangun taman yang bertempat di depan rumah sakit.

Muda-mudi yang meramaikan malam Minggu akan kembali meramaikan jalan tambun bungai pada Minggu Sore . Akan ada lagi komunitas motor yang mejeng, pasangan muda-mudi yang berpacaran atau para jomblo yang mencari pasangan. Kadang-kadang, jalanan di tambun bungai mulai dari taman sampai Bundaran menjadi terasa demikian sempit saking padatnya pengunjung taman Sebuah fenomena yang sebenarnya menguntungkan karena diperkirakan dapat membantu perputaran roda perekonomian di kuala kapuas bagi pedagang kaki lima.

Sayangnya, di samping mereka yang melakukan kegiatan positif, ada pula yang melakukan kegiatan negatif. Jalan di depan sekolah Tarakanita, Citra Raya, setiap Minggu sore menjadi arena balapan liar yang dilakukan oleh anak-anak muda. Mereka, saya yakin berasal dar i luar Citra Raya. Kegiatan balap liar ini sangat mengganggu ketentraman penghuni Citra Raya karena mengganggu kelancaran lalu lintas di jalur Bundaran III – Curug serta menimbulkan kerawanan dari potensi kecelakaan yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan balap liar tersebut. Satuan Pengamanan Citra Raya tentunya mengetahui kegiatan balap liar ini karena lokasi balap liar berada di depan sekolah Tarakanita yang di sebelah timurnya ada gereja dan di sebelah baratnya ada klaster Water Point. Sedangkan, di seberangnya ada klaster Taman Telaga Mediteranea.
Sebaiknya pihak Satuan Pengamanan polisi lalulintas bekerja sama dengan pihak pengguna jalan lainnya untuk dapat membubarkan kegiatan balap liar yang tidak positif tersebut.Setiap sudut gang dan jalan di jaga (di kepung) agar saat polisi razia tidak ada yang lolos dan lari
(1)













(2)
• TUJUAN
Makalah ini bertujuan untuk memberi tahu dan semoga bermanfaat bagi orang yang membaca makalah ini, agar sadar para remaja dan anak muda atas bahayanya balapan liar di jalan raya.

• METODE
Makalah ini menggunakan metode wawan cara, dan kajian pustaka.

• MANFAAT
Semoga orang yang membaca makalah ini akan sadar dan peduli betapa bahayanya balapan liar di jalan raya, dan bagi anak muda yang sering balapan liar tidak melakukannya kembali.





Bab II :PERUMUSAN MASALAH
2.6 Faktor yang menyebabkan seseorang ikut balap liar ?
2.7 Pengendara balap liar ?
2.8 Cara mengatasi balap liar ?
2.9 Dampak negatif balap liar ?
2.10 Kerugian yang di akibat oleh balap liar ?












(3)

Bab III : Pembahasan
3.1 Faktor yang menyebabkan anak muda ikut balap liar di jalan raya adalah dikarenakan mencari sensasi , mencari perhatian orang , taruhan uang , ingin merasa hebat , ingin di puji , iseng karna tidak ada kerjaan , sebab itulah para anak muda melakukan balapan liar.
3 .2 Para anak muda yang tidak berpikir panjang apa yang terjadi nanti padahal akibatnya sangat fatal bisa membahayakan anak muda tersebut.
3.3 Dengan cara melakukan pengamanan di jalan anak muda akan berhenti balapan dan tidak menggangu pengendara lain yang bisa menyebabkan kecelakaan akibat anak muda yang melakukan balap liar. Sebaiknya pihak kepolisian melakukan pengamanan di jalan raya.
3.4 Dampak negative balap liar dapat mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian bagi para anak muda tersebut. Padahal masa depan anak muda tersebut masih panjang dan umurnya masih berusia muda.
3.5 kerugian dari balap liar adalah rugi karena membeli bensin hanya untuk di gunakan untuk balapan liar.




(4)
Bab IV: Penutup
- Kesimpulan : Balapan liar di jalan raya akan membahayakan diri kita dan diri orang lain , akibatnya pengendara lain akan merasa terganggu apabila para anak muda balap liar di jalan raya khususnya di jalan tambun bungai. Sebaiknya anak muda yang berkeinginan menjadi pembalap ikutilah balapan yang resmi menggunakan pakaian balap yang 75% lebih aman dari pada di jalan raya yang bisa mengakibatkan kematian atau kecelakaan. Orang-orang banyak yang tidak menyukai balap liar bahkan para polisi juga tidak menyukainya kita bisa berurusan dengan polisi.




- Saran : janganlah balapan liar di jalan , karna bisa membahayakan diri kalian sendiri jadilah pembalap yang resmi , ikutilah road race di berbagai kota , menangkanlah pertandingan tersebut dan menjadi seorang pembalap yang berbakat , yang berprestasi , gapailah cita-citamu menjadi pembalap.



(5)
DAFTAR PUSTAKA
Google, Fatimah titik , contoh makalah ,Jakarta ,23 april 2008
Google, makalah tentang balap liar,
Google , gambar orang balapan liar , bandung , 8 juni 2009
http://search.aol.com/aol/search?&query=makalah+balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab
http://search.aol.com/aol/search?&query=balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab













LAMPIRAN
GAMBAR PERBEDAAN BALAP LIAR DENGAN BALAP RESMI
• Gambar Balap Liar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS