Daftar isi
BAB I. Pendahuluan
Latar Belakang………………………………………………….1
Tujuan…………………………………………………………..2
Metode………………………………………………………….2
Manfaat………………………………………………………....2
BAB II. Rumusan masalah
2.1 Faktor yang menyebabkan seseorang ikut balap liar ?...........3
2.2 Pengendara balap liar ?..................................................3
2.3 Cara mengatasi balap liar ?...................................................3
2.4 Dampak negatif balap liar ?................................3
2.5 Kerugian yang di akibat oleh balap liar ?.........................3
BAB III. Pembahasan
3.1 Faktor yang menyebabkan anak muda ikut balap liar………. 4
3 .2 Para anak muda yang tidak berpikir panjang apa …………...4
3.3 Dengan cara melakukan pengamanan di jalan……………….4
. 3.4 Dengan cara melakukan pengamanan di jalan………………..4
3.5 kerugian dari balap liar …………………………………… 4
BAB IV Penutup
-Kesimpulan……………………………………………………..5
-Saran …………………………………………………………...5
(i)
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
Rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya penulis
dapat menyelesaikan makalah ”BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA”
Dalam penyusunan makalah ini, penulis tidak lupa mengucapkan banyak
terimakasih pada guru pembimbing saya yaitu Hj. Masitah S.pd yang telah
membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehinggga penulis dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini
penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis
sendiri maupun kepada pembaca umumnya.
Kuala Kapuas , 09-03-2011
Penulis
Bobby Kasatria Prawira Does
NIS.
MAKALAH
“BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA”
Bobby Kasatria Prawira Does
IX E
SMPN 1 SELAT KUALA KAPUAS
Dinas Pendidikan
Kabupaten kuala kapuas
Bab I :PENDAHULUAN
• LATAR BELAKANG
Malam Minggu, Minggu pagi dan Minggu sore adalah saat-saat di
mana jalan tambun bungai kuala kapuas menjadi sebuah tempat
yang ramai. Pada malam Minggu, mulai dari sekitar pukul empat
sore, Tambun bungai dipadati oleh para muda-mudi yang bermalam
Minggu. Kebanyakan muda-mudi itu berasal dari luar kuala kapuas ,
yaitu berasal dari wilayah di sekitar kapuas. Selain
menghabiskan malam Minggu dengan pasangannya, ada juga komunitas
sepeda motor yang selalu mejeng di di kapuas. Mereka sudah
memiliki lokasi sendiri-sendiri untuk mejeng. Ada klub Mio,
Thunder, Satria FU, Scorpio, Jupiter, Tiger, dan lain-lain.
Bahkan, ada juga pecinta sepeda onthel, yang mejeng di Bundaran
. Mungkin karena melihat potensi keramaian itu maka pengembang
jalan membangun kawasan Tambun bungai di sekitar Bundaran
itu. Saat ini sudah beroperasi dan akan dibangun lagi taman
tahap kedua.
Minggu pagi lain lagi keramaiannya. Bukan lagi muda-mudi yang
menghabiskan malam minggu melainkan warga yang berolah raga
pagi. Berbeda dari malam Minggu, pada Minggu pagi banyak pula
warga kuala kapuas sendiri yang berolah raga. Selain banyak
yang berolah raga, banyak pula pedagang yang berjualan pada
kesempatan ini mulai dari pedagang jajanan, topi, pakaian, boneka,
barang-barang plastic (macam tupperware) sampai ke tanaman hias.
Keramaian ini akan berlangsung sampai kira-kira pukul 8:30 pagi.
Namun, agar jalan Tambun bungai bisa tetap ramai sepanjang hari,
pengembang telah membangun taman yang bertempat di depan rumah
sakit.
Muda-mudi yang meramaikan malam Minggu akan kembali
meramaikan jalan tambun bungai pada Minggu Sore . Akan ada
lagi komunitas motor yang mejeng, pasangan muda-mudi yang
berpacaran atau para jomblo yang mencari pasangan.
Kadang-kadang, jalanan di tambun bungai mulai dari taman
sampai Bundaran menjadi terasa demikian sempit saking
padatnya pengunjung taman Sebuah fenomena yang sebenarnya
menguntungkan karena diperkirakan dapat membantu perputaran
roda perekonomian di kuala kapuas bagi pedagang kaki
lima.
Sayangnya, di samping mereka yang melakukan kegiatan
positif, ada pula yang melakukan kegiatan negatif. Jalan di
depan sekolah Tarakanita, Citra Raya, setiap Minggu sore menjadi
arena balapan liar yang dilakukan oleh anak-anak muda. Mereka,
saya yakin berasal dar i luar Citra Raya. Kegiatan balap liar ini
sangat mengganggu ketentraman penghuni Citra Raya karena
mengganggu kelancaran lalu lintas di jalur Bundaran III – Curug
serta menimbulkan kerawanan dari potensi kecelakaan yang dapat
ditimbulkan oleh kegiatan balap liar tersebut. Satuan Pengamanan
Citra Raya tentunya mengetahui kegiatan balap liar ini karena
lokasi balap liar berada di depan sekolah Tarakanita yang di
sebelah timurnya ada gereja dan di sebelah baratnya ada
klaster Water Point. Sedangkan, di seberangnya ada klaster
Taman Telaga Mediteranea.
Sebaiknya pihak Satuan Pengamanan polisi lalulintas bekerja
sama dengan pihak pengguna jalan lainnya untuk dapat
membubarkan kegiatan balap liar yang tidak positif
tersebut.Setiap sudut gang dan jalan di jaga (di kepung) agar saat
polisi razia tidak ada yang lolos dan lari
(1)
(2)
• TUJUAN
Makalah ini bertujuan untuk memberi tahu dan semoga bermanfaat bagi
orang yang membaca makalah ini, agar sadar para remaja dan anak muda
atas bahayanya balapan liar di jalan raya.
• METODE
Makalah ini menggunakan metode wawan cara, dan kajian pustaka.
• MANFAAT
Semoga orang yang membaca makalah ini akan sadar dan peduli
betapa bahayanya balapan liar di jalan raya, dan bagi anak
muda yang sering balapan liar tidak melakukannya kembali.
Bab II :PERUMUSAN MASALAH
2.6 Faktor yang menyebabkan seseorang ikut balap liar ?
2.7 Pengendara balap liar ?
2.8 Cara mengatasi balap liar ?
2.9 Dampak negatif balap liar ?
2.10 Kerugian yang di akibat oleh balap liar ?
(3)
Bab III : Pembahasan
3.1 Faktor yang menyebabkan anak muda ikut balap liar di jalan raya
adalah dikarenakan mencari sensasi , mencari perhatian orang ,
taruhan uang , ingin merasa hebat , ingin di puji , iseng karna tidak
ada kerjaan , sebab itulah para anak muda melakukan balapan liar.
3 .2 Para anak muda yang tidak berpikir panjang apa yang
terjadi nanti padahal akibatnya sangat fatal bisa membahayakan
anak muda tersebut.
3.3 Dengan cara melakukan pengamanan di jalan anak muda
akan berhenti balapan dan tidak menggangu pengendara lain yang bisa
menyebabkan kecelakaan akibat anak muda yang melakukan balap liar.
Sebaiknya pihak kepolisian melakukan pengamanan di jalan raya.
3.4 Dampak negative balap liar dapat mengakibatkan
kecelakaan bahkan kematian bagi para anak muda tersebut. Padahal masa
depan anak muda tersebut masih panjang dan umurnya masih berusia muda.
3.5 kerugian dari balap liar adalah rugi karena membeli bensin hanya untuk di gunakan untuk balapan liar.
(4)
Bab IV: Penutup
- Kesimpulan : Balapan liar di jalan raya akan membahayakan diri kita
dan diri orang lain , akibatnya pengendara lain akan merasa terganggu
apabila para anak muda balap liar di jalan raya khususnya di jalan
tambun bungai. Sebaiknya anak muda yang berkeinginan menjadi pembalap
ikutilah balapan yang resmi menggunakan pakaian balap yang 75% lebih
aman dari pada di jalan raya yang bisa mengakibatkan kematian atau
kecelakaan. Orang-orang banyak yang tidak menyukai balap liar bahkan
para polisi juga tidak menyukainya kita bisa berurusan dengan polisi.
- Saran : janganlah balapan liar di jalan , karna bisa
membahayakan diri kalian sendiri jadilah pembalap yang resmi , ikutilah
road race di berbagai kota , menangkanlah pertandingan tersebut dan
menjadi seorang pembalap yang berbakat , yang berprestasi , gapailah
cita-citamu menjadi pembalap.
(5)
DAFTAR PUSTAKA
Google, Fatimah titik , contoh makalah ,Jakarta ,23 april 2008
Google, makalah tentang balap liar,
Google , gambar orang balapan liar , bandung , 8 juni 2009
http://search.aol.com/aol/search?&query=makalah+balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab
http://search.aol.com/aol/search?&query=balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab
LAMPIRAN
GAMBAR PERBEDAAN BALAP LIAR DENGAN BALAP RESMI
• Gambar Balap Liar
Makalah Balap Liar
Posted by
plewnonk
|
Labels:
Otomotif
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 comments:
Kumpulan Agen Sakong
Cheat Bandar Sakong
Cheat Jackpot Sakong
Info Agen Games Online
Trik Menang Sakong
Agen Sakong
Bandar Sakong
Judi Sakong
Agen Remi 9
Bandar Samgong
Post a Comment